tugas 1
Nama : Riyan Yudistira AdiWinata
NPM : 29414565
kelas : 1IC11
Pengertian
dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar
0
1. PENGERTIAN
Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam
kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari
ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika,
Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari :
Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan
lain-lain.
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama,
Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di
atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan
yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial
seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi
sosial.
• Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu
sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki
obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri,
karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan
juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu,
seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program
Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang
di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial
Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji
gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam
menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka
terhadapnya.
2. TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial
Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial
dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk
ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya
mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu
pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Sumber
:http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
Pengertian, Tujuan, IBD dan IPS
Pengertian IBD
Pada dasarnya Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan dasar
yang umunya mengenai konsep-konsep untuk mengkaji masalah mengenai manusia dan
kebudayaannya. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai
pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris
“The Humanities”, adapun humanities berkaitan dengan manusia, atau dapat
artikan sebagai manusia yang berbudaya.
Berikut pengertian budaya atau kebudayaan dari beberapa ahli
:
E. B. Tylor,
budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan,
kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, adat istiadat dan kemampuan yang
lain. Serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat .
R. Linton dalam
bukunya yang berjudul The Cultural background of personality menyatakan bahwa
kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang
unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat
tertentu .
Koentjaraningrat,
mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri
manusia dengan belajar.
Selo Soemarjan dan
Soelaeman Soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa,
dan cipta masyarakat.
Herkovits,
kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.
Bronislaw
Malinowski, Adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral yang terdiri
dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai peraturan untuk
kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya manusia, keyakinan dan kebiasaan
manusia.
C. Klukhuahn dan
W. H. Kelly, mencoba merumuskan definisi kebudayaan sebagai hasil tanya jawab
dengan para ahli antropologi, sejarah, hukum, psikologi yang implisit,
eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang
potensial bagi tingkah laku manusia.
Dawson dalam buku
Age Of The Gods mengatakan bahwa kebudayaan adalah cara hidup bersama (Culture
is common way of life)
J. P. H. Dryvendak
mengatakan bahwa kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai
yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.
Takdir
Alisyahbana, mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.
Kutipan dari :
http://mamora007.blogspot.com/2012/10/pengertian-ibd.html
Tujuan IBD
Mengusahakan
kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya di sekitarnya sehingga mereka
dapat beradaptasi dan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru,
agar mempermudah kehidupan mereka terutama untuk bidang profesi.
Memberi kesempatan
kepada para mahasiswa untuk ikut serta dalam penanganan masalah kemanusiaan dan
budaya terutama yang ada di lingkungan mereka, dan mengembangkan daya kritis
mereka terhadap dua hal tersebut.
Mengusahakan agar
mahasiswa menjadi calon pemimpin yang disiplin.
Mengembangkan
mahasiswa dalam komunikasi antara satu sama lain dan membekali mereka dengan
ilmu untuk bersosialisasi dengan sesama.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
Pada dasar pengelompokan ilmu pengetahuan dapat dikelompokan
menjadi tiga yaitu adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan
Ilmu Pengetahuan Budaya.
Ilmu Pengetahuan
Alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana
obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum,
berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah
mempelajari tentang metode – metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala –
gejala alam secara lebih filosofis.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok
disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia
dan lingkungan sosialnya.
Ilmu Pengetahuan
Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia
lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang
tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi,
Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian,
Psikologi).
IBD dan IPS
Perbedaan antara IBD dan IPS
IBD : bertujuan
untuk memberikan pengetahuan dasar atau budaya dasar dan pengetian umum dari konsep-konsep yang
dikembangkan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam berbudaya dasar. IBD juga
dipelajari atau diberikan pada perguruan tinggi, karena merupakan mata kuliah
tunggal yang artinya tidak dalam kelompok mata pelajaran.
IPS : bertujuan
untuk membentuk pengetahuan dan keterampilan intelektual, dan pada pendidikan
tingkat dasar sudah diberikan dasar dasar pengetahuan sosial maupun pada
tingkat atas sampai perguruan tinggi, dan IPS merupakan kelompok atau gabungan
dari sejumlah mata pelajaran.
Ruang Lingkup IBD
Pokok-pokok bahasan yang dikaji atau dikembangkan menjadi
ruang lingkup IBD adalah, sebagai berikut :
Berbagai aspek
kemanusiaan dan budaya yang didekati dengan pengetahuan budaya dan juga
pendekatan dengan keahlian berkomunikasi dan bersosialisasi antar manusia.
Perwujudan
mengenai cinta kasih, misalnya terdapat dalam karya-karya sastra, tarian,
musik, filsafat, lukisan, patung dan lain sebagainya yang semuanya meruakan
benda-benda budaya. Untuk itu pokok bahasan mengenai manusia dan cinta kasih
dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut.
Hakekat manusia
yang satu dan yang lain dalam perwujudan budaya dan kehidupan manusiawinya
dalam ruang lingkup yang berbeda dan pada jaman mereka masing-masing.
Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1. Manusia dan cinta kasih
Kasih sayang
Kemesraan
pemujaan
2. Manusia dan Keindahan
renungan
kehalusan
kesarasian
3. Manusia dan Penderitaan
rasa sakit
kesyahidan
siksaan
kesengsaraan
neraka
4. Manusia dan Keadilan
kejujuran
pemulihan nama
baik
pembalasan
5. Manusia dan Pandangan hidup
cita-cita
kebajikan
6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
kesadaran
pengorbanan
7. Manusia dan kegelisahan
keterasingan
kesepian
ketidakpastian
8. Manusia dan harapan
kepercayaan
harapan
ruang
lingkup isd
Ilmu Sosial Dasar meliputi dua kelompok utama yaitu, studi
manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama
terdiri dari psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedangkan yang lainnya
terdiri dari ekonomi dan politik.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah
sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu
kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah
konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial
Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
1. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi
secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar
belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita
menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang
sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam
Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya
konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu
dengan lainnya saling berkaitan.
No comments:
Post a Comment